Kamis, 08 Januari 2009

Aku Jagoan Seo!!!

Teman..ini dia ni organ penting dalam dunia internet kalo kita mau website kita terindeks dihalaman pertama..lantas..apa sich SEO itu?

Agar Anda lebih mudah memahaminya, marilah kita bicarakan terlebih dahulu tentang kegiatan orang di internet ini. Dalam hubungannya dengan bisnis ada 2 kegiatan utama, yaitu Menawarkan Infomasi Bisnis dan Mencari Informasi Bisnis. Secara alami orang akan cenderung menawarkan bisnis di tempat-tempat dimana orang banyak mencari, dimana banyak orang berada. Dan secara alami pula, orang cenderung untuk mencari informasi bisnis ditempat-tempat dimana banyak informasi bisnis berada, dimana orang banyak menawarkan informasi bisnis. Nah, website yang merupakan tempat banyak orang menawarkan dan mencari tersebut disebut MESIN PENCARI atau SEACH ENGINE. Ribuan website search engine ada di internet dan yang paling terkenal saat ini adalah Google.

Orang sudah tau, banyak orang kalau mencari sesuatu maka ingatnya Google. Cari apa saja ada di Google. Karena orang sudah tau kecenderungan itu maka orang pun semakin belomba-lomba untuk MEMASUKKAN informari bisnis internet mereka ke Google, agar ketemu jika dicari!. Kalau bisnis Anda sering ketemu saat orang mencari di Google, maka bisnis internet anda akan berpotensi untuk jauh lebih laris. Tentu ada banyak faktor lain yang membuat bisnis laris, memang “ketemu” saja belum cukup. Namun, jika sering ditemukan maka itu adalah kesempatan yang sangat besar untuk laku.

Suatu kegiatan untuk menjadikan informasi bisnis di website Anda “sering ketemu di seach engine seperti Google” itulah yang disebut sebagai kegiatan mengoptimakan search engine, istilah kerennya adalah Search Engine Optimization, disingkat SEO.

Dengan Menjadi Jagoan SEO maka search engine seperti Google bisa kita jadikan karyawan yang bekerja sangat setia, non stop, tanpa perlu kita bayar untuk mengalirkan banyak duit ke kantong Anda dan saya. Siapapun bisa melakukannya, termasuk ANDA tentunya. Yang diperlukan untuk menjadi Jagoan SEO adalah keinginan yang besar, waktu, tenaga, komitment, konsistensi, tools, dan yang paling penting adalah Strategi Menjadi Jagoan SEO itu sendiri + Take Action.

Jika website Anda sudah internally didesign agar optimal di mata search engine maka dikatakan website Anda adalah website yang SEO ready. Jadi, saya ulangi lagi, SEO adalah suatu usaha untuk menyiapkan website Anda agar OPTIMAL di mata Search Engine, penting di mata search engine.

Untuk mencapai hal itu, untuk menjadikan website Anda OPTIMAL di mata search engine tersebut, ada banyak sekali usaha atau kegiatan yang dapat dilakukan. Kegiatan yang banyak ini dapat digolongkan hanya menjadi 2 bagian, yaitu: On-Page SEO dan yang satu lagi Off-Page SEO. 2 hal ini tidaklah sulit, hanya perlu kemauan, waktu, tenaga dan strategi SEO tadi.

Secara ringkas, On-Page SEO berhubungan dengan kegiatan internet mengatur design website Anda, agar mempunyai standard design yang benar, topik yang konsisten, pemilihan kata kunci yang tepat dan sesuai tema website anda, pembuatan halaman navigasi yang mudah, dsb. Sedangkan Off-Page SEO adalah kegiatan diluar website anda yang berhubungan dengan website Anda, misalnya membangun backlink (link balik) ke website Anda, mempromosikan website anda di website lainnya, dan sebagainya. Kegiatan Off-Page SEO ini menyebabkan website anda dianggap penting oleh search engine, karena banyak dibicarakan diluar, yaitu di website lainya. Ini bisa dicapai dengan banyak cara seperti tukar link, iklan baris, promosi di forum-forum yang mengijinkan, dan sebagainya.

Jika anda mendalami bisnis internet, internet marketing, google adsense atau program periklanan lainnya, atau orang yang mencari penghasilan tambahan lewat bisnis internet bahkan anda pelaku bisnis gratis sekalipun, juga untuk anda yang sedang belajar bisnis internet, maka Anda akan menjadi pebisnis internet yang lebih dahsyat jika anda menjadi jagoan SEO.

Setelah anda atau siapapun menjadi jagoan seo, maka bayangkan saja : search engine seperti Google akan bekerja siang malam tanpa henti mendatangkan pengunjung ke website Anda, dari berbagai penjuru. Dan pengunjung yang datang adalah pengunjung yang “tertarget” artinya mereka yang memang mencari apa yang anda tawarkan di website. Sehingga jika apa yang anda bisniskan atau yang anda tawarkan di website anda memang powerfull, berguna, diminati orang dan mempunyai nilai tambah maka tentu saja penjualan akan lebih banyak terjadi, karena website anda yang banyak dikunjungi orang tadi, orang-orang yang dibawa menuju website Anda oleh search engine (Google misalnya). Search Engine tadi, bekerja tanpa perlu Anda bayar lagi. Itulah Promosi Dahsyat dan Gratis untuk Anda.

Dalam artikel pendek ini, memang saya belum akan memfokuskan pada “Bagaimana Caranya Menjadi Jagoan SEO“, melainkan baru sebatas pengetahuan bahwa jika Anda pandai membuat website anda SEO friendly, atau jika nanti Anda menjadi Jagoan SEO maka Promosi Atau Iklan Dahsyat Tak kenal Waktu Tanpa Biaya (Gratis) akan menjadi milik Anda, Search Engine seperti Google Akan membantu Anda 24 jam penuh!

Tentang Bagaimana Caranya, untuk menjadi Jagoan SEO akan saya bahas lain waktu. Sebagai langkah awal seperti saya sebutkan di bagian atas artikel ini, yaitu keinginan atau keinginan untuk menjadi jagoan SEO. Sebagai Tanda bahwa anda ingin, katakanlah dengan semangat “Aku Jagoan SEO!” maka suatu hari nanti anda akan menjadi Jagoan SEO

Saya sendiri memproklamirkan diri sebagai seseorang yang terobsesi untuk menjadi jagoan SEO tanpa mengalahkan orang lain.

1 komentar: